Jumat, 05 Desember 2008

STRATEGI BERINVESTASI DI PASAR MODAL

STRATEGI INVESTASI DIPASAR MODAL

Beberapa strategi yang dapat digunakan dalam melakukan investasi dibursa efek khususnya dalam bentuk saham antara lain sebagai berikut :

a)Mengumpulkan beberapa jenis saham dalam suatu portofolio.
Resiko investasi karena resiko akan disebar keberbagai jenis saham. Disatu pihak peluang untuk mendapatkan keuntungan cukup besar.

b)Beli dipasar perdana dan dijual begitu dicatatkan di bursa.

c)Beli dan Simpan.
Strategi ini dapat digunakan apabila investor memilikimkeyakinan berdasarkan ananlisis bahwa perusahaan yang bersangkutan memiliki proses untuk berkembang yang lebih pesat beberapa tahun mendatang.

d)Beli saham tidur.
Saham tidur adalah saham yang jarang atau tidak pernah ada transaksi. Saham tidur ini biasa disebabkan karena jumlah saham yang dicatatkan terlalu sedikit atau dikuasai oleh investor institusi dan pemilik saham lama.

e)Strategi Rata Penuhberpindah dari saham satu ke saham yang lain.
Investor yang memilih strategi ini cenderung bersifat lebih spekulatif. Mereka akan cepat – cepat melepas saham – saham yang diperkirakan harganya akan mengalami penuruna atau buru –buru membeli saham yang menurut anggapannya akan mengalami kenaikan kurs.

f)Konsenterasi pada industri tertentu.
Strategi ini lebih cocok bagi investor yang benar – benar menguasai kondisi suatu jenis industri, sehingga mengetahui prospek perkembangannya dimasa yang akan datang.

g)Reksa dana.
Melakukan investasi dengan membeli unit penyertaan atau saham yang diterbitkan oleh Reksa dana. Strategi ini cocok bagi investor yang tidak memiliki cukup waktu melakukan analisis pasar atau tidak ada akses informasi.